Tertarik Memulai Usaha Clothing? Berikut Cara Berbisnis Pakaian Dengan Modal Sedikit

 

Usaha pakaian merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak pernah meredup. Hal ini dikarenakan semua orang setiap harinya akan membutuhkan pakaian. Meskipun trend pakaian selalu berubah ubah, jenis usaha ini masih tetap menjadi bisnis yang memiliki peluang menjanjikan. Tertarik mencoba? Berikut cara berbisnis pakaian dengan modal sedikit.

Tahapan Memulai Usaha Clothing Dengan Modal Minim

  1. Menentukan Target Pasar Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika ingin memulai usaha pakaian pastinya anda perlu menentukan target pasar terlebih dahulu. Disini, anda bisa menentukan ingin menjual pakaian dengan rentang usia berapa, jenis kelamin dan juga lain sebagainya. Dengan memiliki target pasar yang jelas akan membuat anda lebih mudah untuk memilih jenis pakaian yang ingin untuk anda jual.

  1. Tentukan Jenis dan Model Pakaian

Setelah anda berhasil menentukan target pasar, maka tahapan selanjutnya untuk memulai usaha pakaian adalah dengan menentukan model dan jenis pakaian yang anda jual. Ketika anda memulai bisnis ini, hal tersebut menjadi langkah utama dan penting untuk dilakukan. sebab, dengan menentukan jenis pakaian yang anda jual, anda bisa menyesuaikan hal tersebut dengan target pasar.

Apabila anda masih bingung ingin menjual produk yang seperti apa, alangkah baiknya jika anda mulai untuk mengeceknya di internet. Anda bisa mencari berbagai macam inspirasi dari dunia maya tersebut. Selain itu, anda juga bisa membuka aplikasi aplikasi e commerce yang ada di Indonesia.

Mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, Zalora hingga Matahari Mall yang mana memiliki banyak sekali akun akun yang menjual berbagai macam pakaian dengan berbagai macam model. Anda bisa memilih jenis pakaian yang sedang banyak dicari oleh konsumen. Untuk itu, pilihlah jenis dan model pakaian yang memang banyak dibeli.

Namun, di dalam menentukan jenis dan model pakaian tersebut anda haruslah jeli. Hal ini dikarenakan terkadang pakaian dengan harga yang sangat mahal lebih jarang untuk dibeli meskipun memiliki banyak viewers. Untuk itu, anda pun perlu selektif di dalam memilih jenis pakaian apa yang ingin untuk anda jual.

  1. Perhatikan Bahan Pakaian yang Akan Dijual

Sebelum menjual pakaian ke konsumen, anda perlu untuk mengetahui bahan pakaian yang digunakan. Hal ini bertujuan agar nantinya ketika terdapat konsumen yang bertanya, anda tidak akan salah memberikan informasi akan pakaian yang anda jual. Dengan begitu, informasi yang anda berikan kepada konsumen akan sangat akurat.

Jangan sampai anda salah di dalam memberikan informasi kepada pelanggan mengenai pakaian yang anda jual. Hal ini dapat berimbas konsumen mengalami kekecewaan. Sehingga, menjadi hal yang penting bagi anda untuk mengetahui dan mempelajari jenis bahan pada pakaian yang anda jual.

Contoh saja, ketika anda menjual sweater tentu saja bahan dari sweater tersebut akan sangat berbeda dengan kemeja maupun jaket. Untuk itu, bagi anda yang baru saja memulai bisnis satu ini, tak ada salahnya untuk belajar berbagai jenis bahan pakaian yang nantinya akan anda jual.

Ada banyak sekali jenis bahan pada pakaian, mulai dari baby terry, katun rayon, katun, wolfis dan juga lainnya. Ditambah lagi, ketika anda nantinya mengambil pakaian dari online yang mana belum mengetahui bentuknya secara langsung. Perlu bagi anda untuk tahu jenis bahan bahan yang digunakannya.

  1. Pilihlah Metode Dropship Untuk Pemula

Cara berbisnis pakaian dengan modal sedikit, maka dropship dapat menjadi metode yang anda lakukan. Ketika anda memutuskan untuk mulai terjun ke dunia bisnis pakaian dengan sistem dropship, maka modal yang anda butuhkan pun tidak banyak. Dropship adalah metode penjualan yang mana anda akan menjual barang orang lain.

Sehingga, anda pun tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Anda hanya perlu untuk mempromosikan barang yang ingin anda jual. Setelah anda konsumen yang tertarik untuk membeli produk atau barang yang anda jual, maka anda pun bisa mengorder nya pada supplier anda.

Hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri, terutama bagi anda yang baru saja memulai bisnis ini dan belum memiliki modal yang besar. Sehingga anda pun tak perlu kesulitan untuk menyetok barang setiap waktu. Metode ini juga mengantisipasi kerugian atasĀ  barang jualan anda tidak laku dan tergeletak begitu saja.

  1. Menentukan Supplier yang Pas

Ketika anda telah menentukan ingin menjual barang yang seperti apa, maka anda pun bisa menentukan dan menemukan supplier yang tepat. Hal ini dikarenakan supplier berperan sangat penting di dalam berbisnis pakaian, terutama dengan modal yang kecil. Selain itu, mencari supplier yang tepat merupakan salah satu hal yang sulit di dalam berbisnis.

Sebab, banyak sekali supplier yang nantinya akan anda temukan. Terutama supplier yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Di dalam menentukan supplier yang tepat, anda pun juga perlu untuk berhati hati agar tidak tertipu akan supplier abal abal yang menawarkan harga murah.

Sebelumnya, anda juga perlu untuk mengetahui terlebih dahulu supplier yang ingin anda pilih. Hal ini dikarenakan jangan sampai anda tertarik dengan supplier dengan iming iming murah namun ternyata susah dihubungi. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan, terlebih lagi ketika anda telah menerima pesanan.

Tentunya hal tersebut dapat menjadi kendala apabila anda ingin repeat order atau terdapat konsumen yang ingin membeli produk yang anda tawarkan. Oleh karena itu, anda perlu untuk menemukan supplier yang bisa dengan mudah untuk diajak kerja sama. Selain itu, anda juga perlu menemukan supplier yang mudah untuk dihubungi.

Sehingga hal tersebut akan memudahkan anda untuk melakukan pemesanan untuk konsumen anda. Selain itu, anda juga perlu untuk mencari supplier yang mampu memberikan informasi yang lengkap tentang sebuah produk. Sebab, anda pun perlu tahu stok apa saja yang masih tersisa lengkap dengan warna dan ukuran dari pakaian tersebut.

  1. Mulai Melakukan Perekrutan Karyawan dan Terus Belajar Bisnis

Apabila bisnis yang anda jalankan semakin lama semakin berkembang, maka anda pun perlu untuk merekrut karyawan baru agar pekerjaan anda nantinya tidak keteteran. Untuk anda yang ingin menekuni bisnis ini, ada baiknya anda bisa mengambil ilmu sehingga anda pun dapat membuka usaha sendiri yang lebih besar bahkan bisa menjadi supplier.

Dengan semakin anda banyak belajar, maka pengetahuan anda terkait bisnis ini pun akan semakin meluas. Oleh karena itu, tak ada salahnya selalu mencari tahu hal terbaru mengenai teknik dan strategi berjualan pakaian. Sebab, dengan teknik yang tepat maka anda pun akan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih meningkat.

Sebab, akan sangat disayangkan jika anda memiliki produk pakaian yang bagus namun tidak tahu bagaimana cara berbisnis atau memasarkannya. Hal ini tentu saja akan menjadi langkah yang percuma. Untuk itu, anda pun bisa mulai melakukan banyak hal dan mencari tahu tentang cara berbisnis pakaian.

Selain itu, seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ketika anda ingin serius di bisnis ini dan bisnis telah berkembang dengan pesat, penting bagi anda untuk mulai mempertimbangkan untuk merekrut orang baru. Hal ini dikarenakan anda akan kerepotan apabila orderan sedang membludak.

Dengan adanya karyawan baru akan mampu untuk membantu anda di dalam proses pengepakan hingga pengiriman barang. Sehingga jika anda melihat peluang yang besar pada bisnis yang anda jalankan, maka tak ada salahnya untuk mulai mencari pegawai baru untuk membantu usaha anda.

  1. Memiliki Strategi Promosi yang Baik

Ketika anda memiliki modal yang tidak besar, maka anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan barang dagangan anda. Hal ini dikarenakan jika anda pandai untuk promosi di medsos secara gratis, tak menutup kemungkinan akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli pakaian yang anda jual karena promosi anda yang menarik.

Caranya adalah dengan membuat akun bisnis anda di berbagai macam media sosial yang sedang booming. Sehingga, anda pun akan bisa mengenalkan produk yang anda jual ke kalangan masyarakat luas. Selain itu, anda juga bisa untuk memanfaatkan tips di dalam berjualan pakaian. Dimana, anda bisa post foto mix and match produk yang anda jual.

Sehingga nantinya konsumen pun tidak bingung dan menjadi tahu jika model pakaian yang anda jual cocok dipadu padankan dengan outfit yang seperti apa. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan skill memfoto yang anda punya untuk menjalankan bisnis satu ini agar lebih banyak peminat.

Tak hanya itu saja, cara berbisnis pakaian dengan modal sedikit juga bisa anda lakukan dengan memberikan potongan harga di dalam jenis pakaian tertentu. Namun, perlu anda tahu sebelum memberi potongan harga pastikan anda telah untung jika memberikan harga tersebut. Jangan sampai dengan adanya potongan tersebut akan membuat anda menjadi rugi.

Anda juga bisa melakukan trik yakni konsumen akan mendapatkan potongan apabila membeli lebih dari satu. Selain itu, anda juga bisa menjual pakaian dalam bentuk bundle. Sehingga konsumen pun bisa mendapatkan harga yang lebih murah, akan tetapi anda juga tidak mengalami kerugian dan barang menjadi laku.

  1. Mempertimbangkan Untuk Membuka Store Offline

Apabila anda telah sukses berbisnis di marketplace atau secara online, maka tak ada salahnya untuk mulai membuka toko offline. Memang, berjualan secara online dinilai lebih mudah dan praktis. Akan tetapi, anda pun juga bisa untuk melebarkan sayap dengan membuka toko fisik pada penjualan pakaian anda.

Dengan cara ini membuat bisnis anda nantinya tidak hanya akan dikenal oleh kalangan online saja. melainkan masyarakat sekitar tempat dibukanya toko anda pun menjadi aware akan bisnis yang anda jalankan. Ditambah lagi ketika anda memiliki toko offline, maka anda pun telah memiliki stok barang sendiri dan tentu saja lebih memudahkan anda di dalam berjualan.

Di dalam berjualan dengan menggunakan toko fisik, pastinya anda akan memerlukan aplikasi kasir. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan goaccuratesoft.com. dengan adanya software satu ini tentu saja akan lebih memudahkan sistem keuangan di toko anda. Beberapa tips tersebut bisa anda coba, terutama bagi anda yang ingin memiliki usaha pakaian.

Recommended Articles